Senin, 26 Desember 2016

5 Fakta Soal Baju Pramuka Terbaru


Grosir Seragam Sekolah - Desain Baju Pramuka yang Kekinian
Desain Baju Pramuka yang kekinian
Sekarang bisa menjadi satu solusi
Mungkin pramuka bukanlah impian
Tapi bisa buat dompet jadi terisi
Salam Pramuka !
Tau ga kalo gerakan pramuka saat ini telah merubah ketentuan seragamnya?
Perubahan ini dilakukan berdasarkan SK Kwartir Nasional Nomor 174 Tahun 2012 yang menggantikan Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 226 Tahun 2007. Usut punya usut adanya pembaruan ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman yang kekinian. Nah, berikut fakta-fakta tentang baju pramuka terbaru.

Desain Baju Pramuka yang kekinian

Saat ini gerakan pramuka disebut-sebut tak banyak dilirik oleh generasi muda sebagai organisasi yang digemari. Hal ini tentu saja menimbulkan kecemasan, sehingga Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf mengusulkan adanya perubahan di tubuh organisasi pramuka.
Salah satunya perombakan yang dilakukan pada desain baju pramuka terbaru. Perubahan ini sudah ditandatangani dan disyahkan oleh Kakwarnas sejak Desember 2012. Namun baru dipublikasikan pada April 2013. Adanya pembaruan desain baju pramuka terbaru sebab baju pramuka sebelumnya dianggap jadul dan kurang diminati generasi muda sehingga dibuatlah desain baju pramuka terbaru yang dianggap lebih masa kini.

Terdapat Empat Jenis Baju Pramuka

Pada SK Kwartir Nasional Nomor 174 Tahun 2012 menyebutkan terdapat empat jenis baju pramuka terbaru yang digunakan oleh anggota pramuka yaitu pakaian seragam harian, pakaian seragam kegiatan, pakaian seragam upacara dan pakaian seragam khusus. Baju pramuka terbaru ini disesuaikan dengan tingkatan anggota pramuka yang meliputi siaga, penggalang, penegak, pandega dan anggota dewasa. Baju pramuka secara keseluruhan terdiri dari baju pramuka, rok atau celana, setangan leher, ikat pinggang, tanda pengenal, tutup kepala, kaos kaki dan sepatu.

Perubahan Pada Baju Pramuka Putri

Sumber Gambar : http://scoutingindo.blogspot.co.id

Pada baju pramuka tingkat siaga untuk putri terdapat penambahan garis berwarna cokelat tua pada bagian lengan dan saku. Pada tingkat penggalang putri sebelumnya memiliki model pakaian yang berbeda dengan anggota putra yaitu tidak terdapat saku di dada dan terdapat lipatan di atas dada. Baju pramuka terbaru pada tingkat penggalang putri kini memiliki model baju pramuka yang sama dengan putra, yaitu terdapat dua saku tempel di dada kanan dan kiri dan tidak terdapat lipatan melintang di atas dada.

Perubahan Pada Baju Pramuka Putra
                                          Sumber Gambar http://scoutingindo.blogspot.co.id

Pada baju pramuka sebelumnya anggota putera mengenakan celana dengan  empat saku berupa dua saku dalam di samping kanan dan kiri serta dua saku lagi di belakang kanan kiri. untuk baju pramuka terbaru pada tingkat penggalang, penegak dan pandega kini terdapat perubahan yaitu adanya penambahan dua saku timbul di kanan kiri celana dan saku tempel di bagian belakang kanan dan kiri sehingga saat ini jumlah saku celana berjumlah enam. Selain itu, sama dengan baju pramuka terbaru pada putri juga terdapat penambahn garis cokelat tua pada bagian lengan dan saku.

Model Anyar Penutup Kepala dan Setangan Leher Pada Putri

Sebelumnya penutup kepala pada putri berupa topi dari anyaman bambu, kini berganti dengan penutup kepala dari beludru. Selain penutup kepala, untuk anggota puteri semua tingkatan dari tingkat siaga hingga tingkat pandega menggunakan setangan leher seperti setangan leher Putera dan menggunakan ring.
Semoga berguna.
Senang bisa berbagi.

Anak pramuka pasti kenal itu saka
Dipelajari sewaktu masa latihannya
Ada perubahan desain baju pramuka
Buat ikuti perkembangan katanya

0 komentar:

Poskan Komentar