Senin, 05 Desember 2016

BENDERA RUMAH

SEMARAK PERAYAAN 17 AGUSTUS

        Grosir Seragam Sekolah - Semangat kemerdekaan Indonesia terus diperingati setiap tahunnya pada tanggal 17 Agustus. Setiap tanggal ini, masyarakat Indonesia merayakannya dengan berbagai macam kegiatan dan acara. Kegiatan dan acara perayaan 17 Agustus biasanya dikoordinir di setiap rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT). Bentuk acaranya seperti perlombaan-perlombaan: panjat pinang, lomba makan kerupuk, balap karung, menghias sepeda, gerak jalan dan lainnya.
          Tidak hanya perlombaan saja, yang biasanya diadakan pada pagi sampai siang hari saja. Banyak juga rukun warga atau rukun tetangga yang mengadakan kebersamaan dengan mengadakan acara makan bersama dan hiburan yang dipersiapkan oleh warga untuk malam hari. Para ibu mempersiapkan makanan bersama-sama, para pemuda mempersiapkan acara dan para bapak mengatur perbekalan. Semua warga secara bergotong-royong mempersiapkan acara dari warga dan untuk warga.
            Tentu saja semua acara santap makan bersama dan perlombaan membawa tujuannya tidak hanya untuk memperingati hari bersejarah Indonesia tetapi juga untuk menyatukan dan mempererat hubungan antar warga. Pada kesempatan satu tahun sekali ini, seluruh warga bersama-sama menyediakan dan memberikan waktu dan tenaga bersama-sama. Kemeriahan 17 Agustus memang selalu dinanti.
            Pada bulan Agustus ini juga masyarakat mulai mempersiapkan dekorasi. Beberapa ide dekorasi untuk menunjukkan semangat nasionalisme seperti memasang bendera merah putih di rumah. Bendera rumah dengan ukuran sedang atau besar yang bisa dipasang dengan tiang bambu. Mengapa bendera digunakan untuk menunjukkan nasionalisme? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bendera adalah sepotong kain atau kertas segi empat atau segitiga (diikatkan pada ujung tongkat, tiang, dan sebagainya) dipergunakan sebagai lambang negara, perkumpulan, badan, dan sebagainya atau sebagai tanda; panji-panji; tunggul. Secara khusus makna bendera dalam konteks kebangsaan adalah:  bendera yang digunakan sebagai tanda atau lambang suatu negara (bangsa). Bendera menjadi suatu simbol patriotik dan menunjukkan identitas warga sebagai bangsa Indonesia.
            Mengibarkan bendera di halaman rumah menjadi suatu usaha menunjukkan kecintaan pada bangsa dan penghargaan atas perjuangan pahlawan demi meraih kemerdekaan Republik Indonesia. Tidak hanya bendera bangsa saja, tetapi warga dapat juga menghias dengan bendera rumah yang bergambar lambang negara Indonesia yaitu burung garuda atau bhineka tunggal ika. Melalui pemasangan simbol-simbol negara ini diharapkan perayaan 17 Agustus tidak hanya sekadar acara hiburan bersama-sama warga tetapi juga suatu kesempatan untuk memperkenalkan simbol dan maksud lambang negara kepada generasi muda dan juga anak-anak.

            Semakin lebih baik lagi jika semarak perayaan juga diarahkan pada pengenalan sejarah kemerdekaan, lagu-lagu nasional atau kebangsaan, nama-nama para pahlawan, nama-nama presiden yang telah memimpin negeri dan suku-suku yang ada di Indonesia. Melalui hal ini semangat kemerdekaan dan nasionalisme semakin lama akan semakin terwujud dan lestari.

0 komentar:

Poskan Komentar