Kamis, 22 Desember 2016

JAMBORE NASIONAL SEGERA MULAI


Grosir Seragam Sekolah - Bagi para siwa yang akan mengikuti Jambore Nasional 2016 yang akan dilaksanakan mulai pertengahan Agustus nanti, atau  tepatnya 14 – 21 Agustus 2016, persiapkan diri untuk menikmati beragam kegiatannya dan keseruannya. Jambore Nasional 2016 yang bertajuk, “keren, gembira dan asik” ini sudah mulai terbayang betapa serunya bertemu sesame pramuka dari banyak sekolah dan bersama-sama menikmati Bumi Perkemahan Cibubur.
Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk mempersiapkan diri dan persiapan lainnya supaya para siswa dapat menikmati waktu dengan baik dengan kondisi yang baik. Mari kita simak bersama-sama:

-        Membiasakan diri bangun pagi. Pada acara Jambore nanti, pasti para siswa wajib bangun pagi, untuk itu perlu latihan bangun pagi bagi para siswa yang masih sulit untuk bangun pagi.

-        Berolahraga. Ya, setelah bangun pagi, biasakan diri berolahraga supaya badan tidak menjadi lemas dan stamina tetap terjaga. Jadi, jika nanti acara padat dan membutuhkan banyak tenaga, para siswa tidak kaget dan sudah terbiasa.

-        Membaca Koran. Penting untuk mengetahui peristiwa terkini atau keadaan Indonesia secara keseluruhan. Mulai dari keunggulannya, permasalahan umum dan pengetahuan tentang pemerintah saat ini. Mengapa hal ini perlu? Supaya para siswa bisa saling berdiskusi dengan pasukan pramuka dari sekolah lainnya dan tidak perlu merasa tidak percaya diri.

-        Mempelajari lagu-lagu daerah dan lagu kebangsaan. Bisa juga mempelajari tariannya. Pada saatnya nanti, pasti akan dilaksanakan acara kreasi yang menampilkan keterampilan siswa berbudaya, seperti menari, menyanyi dan lainnya. Ada baiknya para siswa telah memiliki bekal dan tidak merasa bingung akan membawakan apa.

-        Peralatan/perlengkapan pramuka. Mulailah mencatat perlengkapan pramuka yang perlu dibawa. Mulai dari seragam, tali, pisau pramuka, bendera, tongkat dan lain sebagainya. Bagi para siswa yang misalnya tidak memiliki pisau pramuka atau peralatan lainnya yang belum lengkap, masih ada waktu untuk mencari atau membelinya di pasar tradisional atau toko seragam sekolah/pramuka. Salah satu contoh, bila pisau pramuka tidak terbawa, nantinya di sana akan menyulitkan peserta pramuka lainnya karena masing-masing memerlukannya juga. Sehingga lebih baik jika kita memastikan bahwa perlatan sudah siap dan lengkap. Pisau pramuka memang terkesan tidak terlalu penting karena bahannya yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu tajam seperti pisau dapur, tetapi tetap saja pisau pramuka ini memiliki fungsi dan akan bermanfaat nantinya.

-        Mempersiapkan buku catatan untuk mencatat nama-nama dan nomor kontak teman-teman baru yang akan ditemui nanti. Hal ini baik supaya setelah acara usai, para siswa tetap dapat berkomunikasi dan dapat saling mendukung dalam kegiatan pramuka di sekolahnya atau saling bertukar informasi tentang kegiatan pramuka yang ada di daerahnya masing-masing.


0 komentar:

Poskan Komentar