Minggu, 25 Desember 2016

JASMANI & ROHANI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI INDONESIA


           
Grosir Seragam Sekolah - Tahukah Anda bahwa sejak tahun 1998 hingga awal tahun 2000-an, Pemerintah Indonesia mulai memberikan perhatian pada level pendidikan untuk anak-anak sebelum tingkat Sekolah Dasar atau dikenal dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pengertian PAUD sendiri menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan adalah “upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.”

            Atas dasar pengertian tersebut perkembangan PAUD semakin lama semakin luas di seluruh Indonesia, khususnya lingkungan di dekat tempat tinggal Anda. Besar kemungkinan, setiap Rukun Warga memiliki setidaknya satu program PAUD. Perkembangan yang pesat ini juga diiringi dengan: Pertama, kesadaran para orang tua akan pentingnya membina anak di usia dini sehingga dapat merangsang pertumbuhan jasmani dan rohani. Terlebih utama untuk memberikan bekal atau modal bagi anak untuk masuk ke Sekolah Dasar. Kedua, kebutuhan pendidikan yang semakin luas dan penting. Hal ini diikuti dengan perkembangan dunia yang begitu cepat dan menuntut anak-anak siap menghadapinya.

            PAUD sendiri didukung dengan kurikulum yang dibuat sedemikian rupa yang berhulu kepada pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohani. Pada bidang rohani, anak-anak peserta PAUD diajari untuk berdoa sebelum makan, mengucapkan salam, mengetahui cerita-cerita agama yang menambah keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan lain-lain. Pada bidang jasmani, beberapa contoh kegiatannya adalah berjalan lurus ke depan, melakukan gerakan duduk, jongkok, melempar dan menangkap balon dan lain sebagainya.

            Kurikulum PAUD yang baik yang telah dibentuk oleh pemerintah pusat dan dimodifikasi sesuai kebutuhan pada masing-masing PAUD tentunya perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang tepat dan sesuai. Seperti, taman bermain, buku bergambar, alat permainan dan juga seragam peserta didik dan pengajar. Jika pada awal perkembangan PAUD, anak-anak didik mengenakan baju bebas yang rapih dan sopan, tetapi saat ini anak-anak didik atau murid PAUD diwajibkan memakai seragam PAUD yang tediri dari baju seragam harian dan baju olahraga PAUD.

            Baju seragam harian dan baju olahraga PAUD diperuntukkan untuk murid-murid PAUD untuk membangun nilai sosial dan kebersamaan. Seragam sekolah tidak hanya sekadar seragam tetapi  peraturan dan pemakaiannya diatur di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bisa diartikan bahwa seragam bukan hanya hal yang sekadar atau tanpa tujuan, melainkansesuatu yang bisa membangun nilai sosial dan kedisiplinan.

            Demi mendukung berhasilnya pendidikan bagi murid-murid PAUD, penting bagi orang tua mempersiapkan kebutuhan anaknya, salah satunya seragam sekolah PAUD dan baju olahraga PAUD. Baju seragam dan baju olahraga PAUD ini bisa didapatkan orang tua di pusat penjualan baju seragam ataupun melakukan penjahitan massal yang sesuai dengan peraturan dan kesepakatan PAUD setempat. Memastikan anak didik mengenakan pakaian yang sesuai dengan kegiatannya menjadi salah satu pendukung anak didik dalam menggapai tujuan pertumbuhan dan perkembangan.


Selamat mensukseskan PAUD Indonesia. 

0 komentar:

Poskan Komentar