Senin, 05 Desember 2016

MEMANFAATKAN CAR FREE DAY

Grosir Seragam Sekolah - Saya termasuk orang yang setuju dengan adanya program Car Free Day di Jakarta, Bandung dan mungkin akan diikuti oleh kota-kota lainnya. Bagi yang belum tahu tentang Car Free Day atau disingkat CFD adalah program pemerintah daerah setempat dengan tujuan beragam. Pemerintah Jakarta sendiri berangkat dari alasan untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan, maka jalan utama yang sehari-harinya banyak dilewati kendaraan, yaitu Jalan Sudirman dan Jalan M.H. Thamrin ditutup mulai dari pukul 06.00 – 11.00 setiap Minggu sejak berlakunya Peraturan Gubernur Nomor 119 Tahun 2012.
Dari mulai berlakunya Hari Bebas Kendaraan Bermotor ini banyak pihak, baik secara pribadi maupun kelompok untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti lari, bersepeda, jalan santai, membagikan promosi dan lainnya. Pada masa liburan ini, para siswa Sekolah Menengah Atas bisa memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan-kegiatan unik tapi bermanfaat pada Hari Bebas Kendaraan:
-        Memperingati Hari Pendidikan atau Pesan Pendidikan
Semua pasti setuju akan pentingnya pendidikan tapi belum semua lapisan masyarakat mau turun tangan untuk membantu pendidikan yang merata. Dengan mengusung pesan pentingnya pendidikan, siswa-siswa SMA bisa berkumpul untuk melakukan long march atau jalan santai sepanjang Jalan Sudirman untuk menyebarluaskan pesan ini. Setiap sekolah bisa bergabung dan mengenakan baju olahraga SMA masing-masing dan membawa spanduk yang berisi pesan penting pendidikan. Semakin banyak siswa setiap  sekolah yang berpatisipasi, semakin menarik perhatian karena setiap SMA akan mengenakan baju olahraga SMA nya masing-masing dan tentunya baju olahraga SMA pasti berbeda-beda dengan ciri khas nya sehinggal keberaneka ragam sekolah membawa satu pesan utama.

-        Olahraga Bersama, Sehat Bersama
Banyak yang sudah tahu bahwa berolahraga secara teratur akan memberikan kesehatan jangka panjang. Akan tetapi banyak kendala untuk membuat olahraga dapat dilakukan secara rutin. Beberapa alasannya: sudah banyak kesibukan, kurang bergairah, merasa lelah, tidak ada rekan atau teman berolahraga, jalanan yang ramai kendaraan, susah bangun pagi dan masih banyak alasan lainnya. Alasan tersebut bisa ditanggalkan dengan menyuarakan pesan bersama berolahraga dan bersama sehat. Caranya bisa dengan mengajak teman-teman sesama siswa SMA untuk berolahraga bersama di jalanan bebas kendaraan setiap hari Minggu. Biar lebih terasa bahwa yang membawa pesan ini adalah siswa-siswa SMA, kita bisa memakai baju olahraga SMA dan melakukan olahraga bersama-sama.


Hari Bebas Kendaraan atau CFD bisa menjadi keuntungan bagi kelompok yang mau memberikan pesan atau menyuarakan semangat yangSiswa SMP Juara Galang Dana Untuk Muslim Rohingya positif bagi masyarakat. Hal ini tidak harus dilakukan dengan orang-orang dari perusahaan saja tetapi bisa juga dari siswa-siswa SMA. Hanya dengan niat bangun pagi dan keseragaman baju olahraga SMA, lambat laun akan membawa dampak bagi lebih banyak lagi masyarakat. 

0 komentar:

Poskan Komentar