Rabu, 14 Desember 2016

PERALATAN TEMPUR ANGGOTA PRAMUKA



Grosir Seragam Sekolah - Bagi para anggota Pramuka pasti tahu benar peralatan Pramuka yang diperlukan untuk melakukan kegiatan-kegiatannya. Bukan hanya bermodal seragam Pramuka saja, anggota Pramuka juga harus memperlengkapi dirinya dengan perlengkapan atau peralatan untuk membekali diri mereka. Misalnya pasukan Pramuka yang mengikuti acara Jambore, nasional ataupun internasional. Jambore adalah acara tahunan untuk anggota Pramuka yang berisi kegiatan-kegiatan seperti permainan, upcara, membuat kemah dan melakukan aktivitas di alam dengan peralatan pramuka.

Sesuai tujuan Pramuka sebagai pasuka yang berkarya dan membela untuk negeri, dibekali dengan berbagai keterampilan untuk bisa bertahan pada saat pertempuran. Peralatan pramuka yang harus dimiliki pasukan Pramuka adalah:
-         -Tali Pramuka                                       - Pisau Pramuka
-        Bendera semaphore                           - Tongkat Pramuka
-         -Pluit Pramuka

Mendekati Jambore Nasional 2016 yang akan dilaksanakan tanggal 14 – 21 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, para peserta yang akan ikut serta dapat mulai bersiap-siap melengkapi segala peralatan yang akan diperlukan. Tidak perlu membeli baru semua peralatan Pramuka. Bisa juga meminjam atau membeli yang murah. Seperti mencari pluit Pramuka murah atau mencari tongkat bekas yang masih kuat untuk dijadikan tongkat Pramuka.

Peralatan Pramuka tersebut di atas memiliki kegunaan yang cukup penting, seperti tali pramuka, umumnya digunakan untuk membuat berbagai macam simpul dan berguna untuk membuat tandu, mengikat tenda kemah dan banyak lagi lainnya. Bendera Semaphore berguna untuk alat komunikasi. Dengan memberikan kode melalui bendera semaphore, antar pasukan Pramuka dapat berkomunikasi dengan diam pada jarak jauh. Jika dalam pertempuran, tentu hal ini sangat membantu. Kemudian, peralatan lainnya ada pluit Pramuka. Sama seperti bendera semaphore, pluit pramuka juga berguna sebagai alat komunikasi. Meniupkan pluit pramuka, para anggota dapat berkomunikasi pada jarak jauh. Tentunya tidak asal meniupkan pluit tetapi meniupkan pluit sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati di Pramuka berupa gabungan dari tiupan panjang yang dilambangkan dengan (-----), tiupan pendek (---), tiupan sangat pendek (.). Ada pula pisau pramuka yang berguna untuk memotong kayu atau materi lainnya.

Jika peralatan sudah siap, ada hal lainnya yang bisa dilakukan: menyebarkan semangat kepramukaan di para pemuda dan ikuti kegiatan pramuka untuk membekali diri dalam usaha berkarya bagi bangsa. Salah satunya Jambore Nasional. Banyak hal positif pada saat dan setelah mengikutinya, salah satunya: menambah pergaulan, membekali diri dengan keterampilan, menambah kecintaan pada bangsa dan ikut melestarikan semangat pemuda yang berkebangsaan dan setia membela. Seperti salah satu isi janji pramuka (trisatya pramuka): menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan RI dan mengenalkan Pancasila; Menolong sesama hidup dan ikut  serta membangun masyarakat.

Salam pramuka!


0 komentar:

Poskan Komentar