Kamis, 22 Desember 2016

PRAMUKA SEMAKIN DEKAT 100 TAHUN


Grosir Seragam Sekolah - Gerakan Pramuka atau Praja Muda Karana. Mari mengetahui makna kata per-kata dari Pramuka, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “Praja” mempunyai makna negeri atau kota. “Muda” artinya belum sampai setengah umur, belum sampai masak (tentang buah-buahan); belum cukup umur (tentang tumbuhan, binatang); belum sampai waktunya untuk dipetik (dituai dan sebagainya). “Karana” tidak tercantum pada KBBI tetapi bisa diartikan karya atau usaha. Secara keseluruhan, Pramuka berarti pemuda yang berkarya untuk negeri atau kota.

Pramuka di Indonesia mulai bergerak dan berkembang sejak tahun 1923. Jadi, hampir satu abad di Indonesia memiliki Gerakan Pramuka. Mungkin banyak dari kita belum mengetahui golongan-golongan atau pembagian dari Pramuka, berikut ini pembagiannya: Pramuka Siaga (siswa berumur 7-10 tahun), Pramuka Penggalang (siswa berumur 11-15 tahun), Pramuka Penegak (siswa/pemuda berumur 16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (pemuda berumur 21-25 tahun).

Masing-masing anggota Pramuka pada tiap tingkatan membedakan kemampuan, tugas dan tanggung jawabnya. Seperti Pramuka Siaga yang biasanya dibekali di Sekolah Dasar, dibimbing dasar-dasar Pramuka, seperti Sumpah Pramuka, Tepuk Pramuka, Salam Pramuka, Lambang Pramuka, baris berbaris dan lainnya. Sedangkan pada tingkatan lebih tinggi, seperti Penggalang, sudah mulai belajar memberikan pesan melalui bendera semaphore, membuat tandu dan lainnya. Begitu pula tingkatan pramuka Penegak dan Pandega yang salah satu tugasnya mendidik dan membimbing Pramuka Siaga dan Penggalang.

Tidak hanya dari tugas dan tanggung jawabnya saja, seragam Pramuka pada masing-masing golongan juga berbeda-beda. Pada Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega, seragam utamanya terdiri dari kemeja coklat, celana coklat, topi Pramuka, dasi pramuka/setangan leher, kaos kaki hitam dan sepatu hitam. Seragam Pramuka dilengkapi atau disempurnakan dengan atribut pramuka siaga seperti badge dan papan nama pada seragam Pramuka. Pada Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega Putra, Topi Pramuka yang dipakai adalah topi baret Pramuka berwarana coklat. Topi baret pramuka SD (Sekolah Dasar) kelas lima SD atau Penggalang, Penegak maupun Pandega ini terbuat dari bahan kain dan dipakai miring ke kanan dan diberi tanda topi kepala Pramuka, biasanya lambang Pramuka

Posisi topi baret pramuka yang dipakai miring ke kanan juga bukan tanpa arti. Topi baret pramuka miring ke kanan, sedangkan seragam petugas-petugas yang bertopi baret, ada yang miring ke kiri. Perbedaan ini dilihat dari fungsinya. Petugas/pasukan berseragam dengan topi baret miring ke kiri artinya bertugas untuk pengamanan serta penegakkan hukum. Sedangkan pasukan dengan seragam bertopi baret yang dipakai miring ke kanan artinya pasukan tersebut siap tempur. Jadi, anggota Pramuka harus memahami bahwa fungsi mereka sebagai pasukan yang siap tempur untuk membela negara.


Apabila Anda pernah tergabung dalam Pramuka atau aktif hingga saat ini di kepramukaan, sudah tentu Anda menikmati keuntungan-keuntungannya. Salah satunya kedisiplinan. Hal positif lainnya, rasa kecintaan pada Indonesia semakin terpupuk dan telah dibekali untuk membela negara Indonesia.

0 komentar:

Poskan Komentar