Minggu, 04 Desember 2016

SELERA INTERNASIONAL YANG GRATIS


Grosir Seragam Sekolah - Sudah pernah mengunjungi kantor kebudayaan asing di Jakarta? Dalam beberapa kesempatan saya pernah mengunjungi kantor-kantor kebudayaan asing di Jakarta. Jika Anda memiliki kesempatan atau waktu luang dan ingin mendapatkan pengalaman baru, kunjungan ke kantor kebudayaan bisa jadi pilihan yang unik sekaligus bermanfaat menambah pengetahuan global. Beberapa pusat kebudayaan asing yang ada di Jakarta bisa dipilih kebudayaan Asia, Eropa atau Australia dan Amerika.
Saya akan coba membagikan pengalaman saya berkunjung ke beberapa kantor pusat kebudayaan di Jakarta. Pada kantor tersebut Anda dapat menikmati berbagai pelayanan untuk mengenal lebih jauh tentang budaya negara asing tersebut. Contohnya pusat kebudayaan Jerman memberikan pelayanan kursus bahasa Jerman, begitu juga dengan Italia, Perancis, Jepang dan lainnya. Selain kursus bahasa, dapat pula dinikmati perpustakaan. Ini tentu saja menjadi surga bagi Anda suka membaca buku.
Di perpusatakaan ini dapat ditemukan buku-buku dari banyak macamnya mulai dari sejaharah, bahasa, komik, novel, ilmu pengetahuan dan teknologi, biografi, sastra asing dan lain sebagainya. Saya sebagai penikmat buku tidak hanya menyukai buku-buku yang diatur rapih dan bebas dibaca, bahkan bisa dipinjam dengan mendaftar sebagai anggota perpustakaan. Saya juga menikmati pengaturan kantor tersebut. Mereka banyak memasang gambar-gambar tentang budaya negaranya. Mulai dari bendera, peta, tokoh bersejarah atau peristiwanya. Saya pikir, hampir di setiap ruang kantor terdapat bendera ukuran besar dari negara tersebut.
Di samping pelayanan bahasa dan perpustakaan, ada juga beberapa yang membuat program kebudayaan secara rutin tiap minggu ataupun bulannya. Seperti workshop tari adatnya, musik, film, pameran karya seni dan lainnya. Pada acara workshop atau pameran tersebut, pengelola kantor pusat kebudayaan akan mendatangkan langsung artis atau pelaku seni professional dari negara mereka. Terkadang acara kebudayaan ini dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Jadi, Anda tidak perlu merogoh biaya besar untuk menikmati kesenian berkala internasional. Hal ini patut Anda coba dan jadwalkan di agenda. Ajak pula keluarga Anda untuk memperkaya pengetahuan dan selera kesenian.

Bagaimana cara mendapatkan informasi-informasi terkini tentang kebudayaan negara asing? Salah satu caranya, Anda bisa berkunjung pertama kalinya dan mendaftar sebagai anggota untuk dikirimkan newsletter melalui e-mail/surat elektronik atau pos. Bisa juga Anda bergabung dengan komunitas pecinta budaya atau komunitas bahasa internasional yang ada di daerah Anda. Bergabung dalam komunitas ini selain mendapat pertemanan baru, Anda juga mendapatkan informasi-informasi terkait kebudayaan tersebut. Jangan kuatir dengan umur karena komunitas global seperti ini umumnya tidak memiliki batasan umur. Masyarat negeri asing merasa terhormat jika negara lain mau mempelajari budaya mereka. Sama seperti Indonesia yang merasa bangga jika turis internasional mengunjungi Indonesia dan mengagumi kebudayaan Indonesia. Bila Anda tertarik, mari mulai mencari tahu.

0 komentar:

Poskan Komentar