Rabu, 07 Desember 2016

TIPS MEMPERSIAPKAN TAHUN AJARAN BARU

Grosir Seragam Sekolah - Tahun ajaran sekolah 2015/2016 sudah berakhir dan para siswa dan orang tua akan mulai menghadapi tahun ajaran yang baru, yaitu tahun ajaran 2016/2017 pada bulan Juli mendatang. Banyak persiapan yang diperlukan untuk memasuki tahun ajaran yang baru ini. Tidak hanya para siswa yang perlu mempersiapkannya tetapi juga orang tua juga yang paling memegang peran penting untuk memasuki tahun ajaran baru ini.
Para orang tua mulai memikirkan anak-anak yang naik ke kelas yang lebih tinggi, dari kelas 1 SD ke kelas 2 SD dan selanjutnya, ada pula yang mempersiapkan untuk mencari sekolah lanjutan. Anak lanjut dari TK ke SD, SD ke SMP, dan SMP ke SMA. Bagi para orang tua yang anaknya naik ke kelas lebih tinggi, mungkin tidak terlalu direpotkan dengan mencari seragam baru karena seragam sebelumnya masih bisa dipakai. Mungkin juga, para orang tua hanya perlu menambah satu atau dua seragam baru karena seragam lama sudah kumal atau kesempitan. Hal ini berbeda dengan orang tua yang baru akan memasukkan anaknya ke sekolah yang baru. Orang tua dengan anak dari TK ke SD misalnya, harus memikirkan membeli seragam yang baru. Kemeja, celana/rok SD, topi SD, dasi dan sebagainya. Tidak hanya satu anak, mungkin dua atau tiga anak sekaligus dalam satu keluarga membutuhkan seragam sekolah yang baru.
Seragam hanya salah satu kebutuhan para siswa di tahun ajaran yang baru, lainnya masih ada buku ajar baru, perlengkapan belajar seperti alat tulis dan lainnya. Banyaknya kebutuhan ini pasti diiringi dengan pengeluaran yang tidak sedikit harus diperjuangkan para orang tua demi anaknya yang akan bersekolah. Demi memenuhi kebutuhan tersebut para orang tua dapat menerapkan beberapa hal seperti berikut:
  • Mencari baju seragam baru dengan harga yang lebih murah. Semakin banyaknya permintaan akan baju seragam, carilah tempat yang menjual seragam sekolah dan perlengkapannya dengan harga murah: misalnya topi SD murah, baju kemeja murah dan lainnya.
  • Meminta seragam dari kakak kelas yang sudah lulus atau yang tidak lagi muat untuk dipakai. Jangan lupa untuk minta dihibahkan juga atribut seragamnya seperti topi dan badge. Baju seragam hibahan juga bisa dari si kakak yang sudah tidak lagi memakainya. Hal ini juga bisa berlaku untuk buku pelajaran.
  • Mengumpulkan para orang tua yang akan membeli seragam baru dan mendata berapa seragam yang diperlukan. Lalu, perwakilan para orang tua tersebut bisa membelikan seragam secara grosir di pusat grosir. Pasti harganya akan jauh lebih murah dibandingkan bila membeli sendiri dengan jumlah yang sedikit.

Demikian beberapa tips yang bisa menjadi cara untuk menghemat dan memenuhi kebutuhan anak di tahun ajaran yang baru. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar